Staf Kepresidenan: UMKM Maju Jika Manfaatkan Teknologi

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho menyatakan, usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) harus memanfaatkan teknologi digital jika maju dan berkembang.

“Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dalam 3 tahun terakhir tumbuh sangat baik hingga 57 persen. Ini bukti sektor UMKM memiliki ketahanan ekonomi tinggi,” ujar Yauar di Jakarta, Senin 18 Desember 2017.

UMKM, kata dia, juga jadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan Negara dan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Yanuar mengaku, hadirnya aplikasi Androrid “Klik 46” untuk UMKM saat ini, perlu disambut baik. Aplikasi tersebut memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu menjadikan telepon genggam dan sebagai mesin kasir online untuk pencatatan transaksi usaha sekaligus terintegrasi dengan penghitungan, pembayaran PPh final 1%, dan pelaporan SPT Tahunan bagi Wajib Pajak (WP).

Adanya aplikasi “Klik46” ini, menurut Yanuar, akan mendorong pelaku UMKM go digital sehingga memudahkan memantau kegiatan usaha secara online dan menutup kelemahan UMKM yang saat ini masih dilakukan secara tradisional.

Sumber : news.liputan6.com